SMA Negeri 1 Sanden adalah sebuah institusi pendidikan yang berupaya ikut serta berkontribusi dalam menyukseskan pendidikan. Pendidikan tentunya tidak lepas dari proses kegiatan belajar mengajar, baik itu pembelajaran secara teori maupun praktikum. Pembelajaran praktikum melibatkan tempat khusus yang mendukung kegiatan, yaitu berupa laboratorium. Laboratorium merupakan suatu tempat melakukan percobaan dan penyelidikan. Salah satu pembelajaran yang membutuhkan praktikum adalah mata pelajaran IPA, dengan demikian perlu adanya laboratorium IPA.

Pembelajaran praktikum IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam yang merupakan suatu proses penemuan. Melalui praktikum IPA diharapkan dapat memunculkan cara berpikir ilmiah dan sikap ilmiah bagi siswa sehingga dapat mengenal diri sendiri dan alam sekitar, serta dapat menerapkan konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari. Ketersediaan laboratorium juga sebagai tempat untuk menguji sebuah teori sehingga dapat menunjang pelajaran teori yang telah diterima di ruang kelas.

Informasi terkait laboratorium IPA tentunya sangat penting untuk dapat memberikan pelayanan prima kepada pengguna laboratorium. Informasi tersebut diantaranya meliputi data kondisi umum laboratorium, standar operasional/instruksi kerja di laboratorium, serta data ketersediaan alat dan bahan laboratorium. Pengguna laboratorium berhak untuk mendapatkan informasi laboratorium agar dapat mendapatkan layanan yang dibutuhkan sesuai dengan ketentuan. Dengan demikian, keterbukaan dan kemudahan akses informasi perlu untuk diupayakan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan dibuatnya buku pedoman laboratorium. Buku pedoman yang dikemas dalam bentuk e-book dan hardbook serta adanya barcode diharapkan dapat memberikan keleluasaan kepada pengguna laboratorium untuk dapat mengakses informasi dimanapun dan kapanpun. Barcode e-book tertera pada gambar di atas.